3.4 Berkhalwat dan Beribadah di Gua Hira

Sejak zaman mudanya, Nabi Muhammad saw selalu menyendiri, mengasingkan dirinya untuk beribadah dan bertafakur di Gua Hira. Setiap tahun Nabi Muhammad saw mengkhususkan beberapa hari di bulan Ramadan untuk beribadah di Gua Hira. Bagi orang yang pernah pergi ke Mekah dan mengunjungi gua ini, tentulah dapat melihat bahwa gua ini berada di puncak bukit dan ukurannya tidaklah besar. Ruangnya hanya muat untuk satu atau dua orang saja. Gua Hira mempunyai dua lubang, satu pintu masuk dan satu lagi menjadi jendela di mana Ka’bah dapat dilihat dari situ. Pada tahun terakhir sebelum Nabi Muhammad saw ditabalkan, Baginda berkhalwah di situ selama sebulan Ramadan.

kisah turunnya wahyu pertama nabi muhammad saw

Gua Hira tempat turunnya wahyu pertama Nabi Muhammad saw

Kadang-kadang Nabi Muhammad saw turun juga ke rumah mengambil bekalan sambil mengunjungi keluarganya. Pada satu hari dalam bulan Ramadhan pada tahun itu, ketika Baginda sedang menuju ke Gua Hira, terdengar suatu suara memberi salam kepadanya, “Assalamualaikum wahai Nabi Muhammad saw”, tetapi bila Baginda menoleh ke belakang tidak didapati sesiapa di situ. Setelah menjadi Rasul, Nabi Muhammad saw bertanya kepada Sayyidina Jibril, “Suara siapakah yang memanggilku ketika ke Gua Hira dulu?” Sayyidina Jibril memberitahu, “Sebenarnya itu suara dari batu-batu dan pohon-pohon memberi salam kepadamu, wahai Nabi Muhammad saw.”

Karena hatinya yang sangat bersih, sejak sebelum kenabian lagi Baginda Nabi Muhammad saw telah mengalami mimpi yang benar. Apa yang Baginda lihat dalam mimpinya benar-benar berlaku. Mimpi yang benar juga berlaku kepada orang bertaqwa dan orang soleh sehingga dunia ini dikiamatkan. Nabi Muhammad saw telah bersabda:

“Mimpi yang benar itu satu bagian dari 36 bagian kenabian.”

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Motivasi dan Konsultasi