Penampilan Generasi Harapan di Milad ke 26 LPPOM MUI

Pada hari Selasa, 13 Januari 2015, Generasi Harapan mendapat undangan untuk memeriahkan acara Milad ke 26 LPPOM MUI. Acara dilaksanakan di kantor Pusat MUI Jl. Proklamasi No.51 Menteng Jakarta Pusat.

Generasi Harapan Check Sound

Generasi Harapan Check Sound

Sambutan Direktur LPPOM MUI Ir. Lukmanul Hakim, M.Si

Sambutan Direktur LPPOM MUI Ir. Lukmanul Hakim, M.Si

Sambutan Ketua MUI, Prof. Dr. H. Din Syamsuddin

Sambutan Ketua MUI, Prof. Dr. H. Din Syamsuddin

generasi harapan milad lppom mui

Penampilan Generasi Harapan

generasi harapan milad lppom mui 2

Penampilan Generasi Harapan

Berita dari website MUI: http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/detil_page/8/22527/30/1

Tasyakur Milad Ke-26 LPPOM MUI Luncurkan Program Layanan Baru

(Jakarta, 13/01/15). Pada hari ini, Selasa, 13 Januari 2015 Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyelenggarakan acara tasyakur hari jadi atau milad yang ke-26, bertempat di Gedung MUI, Jalan Proklamasi No. 51 Menteng, Jakarta Pusat. LPPOM MUI didirikan oleh MUI pada 6 Januari 1989 sebagai respon atas keresahan masyarakat muslim sebagai akibat merebaknya pemberitaan tentang makanan yang mengandung babi.

Hadir dalam acara milad LPPOM MUI, antara lain Ketua Umum MUI, Prof. Dr. H. Din Syamsuddin beserta jajaran pimpinan, pejabat dari Kementerian Agama, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, anggota Komisi VIII DPR-RI, Kepala Badan BOM, Kepala Badan Standarisasi Nasional, pimpinan asosiasi pengusaha, Ketua YLKI, serta para pimpinan perusahaan.

Bersamaan dengan tasyakur Milad LPPOM MUI ke 26 tersebut diluncurkan beberapa layanan informasi halal, antara lain QR Code untuk resto, penerbitan dua buku HAS, penerbitan buku “Kumpulan Fatwa MUI dalam Bidang Pangan, Obat-obatan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta peluncuran website versi baru serta Olympiade Halal 2015. Program layanan baru tersebut diluncurkan untuk melengkapi program sebelumnya yang dimaksudkan untuk semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi  halal, seperti  layanan info halal via blackberry maupun SMS halal 98555 via Telkomsel.

QR (Quick Respons) Code khusus restoran yang sudah bersertifikat halal, merupakan program  berbasis nomor kode yang unik untuk setiap oulet restoran bersertifikat halal MUI.  Kode ini yang dijadikan dasar untuk  membuat QR Code Restotan Bersertifikat Halal MUI.  Dengan menggunakan QR Code scanner yang sudah di-install di ponsel pintar (smartphone) masing-masing, pengunjung bisa melakukan scanning (pemindaian) QR Code yang dipajang di gerai-gerai resto bersertifikat halal.

Hasil pemindaian akan memunculkan informasi nomor sertifikat, nama outlet, masa berlaku sertifikat halal dan nama perusahaan pemilik restoran.  Dengan demikian keotentikan klaim restoran halal dapat diverifikasi sendiri oleh pengunjung dengan adanya QR Code tersebut.  Hasil scan QR Code akan terkoneksi ke data center LPPOM MUI melalui jaringan internet.  System ini berfungsi untuk memastikan bahwa resto yang mengklaim halal, telah benar-benar bersertifikat halal MUI, bukan halal versi  klaim sepihak dari pengelola resto.

QR Code Verification System nantinya akan mulai ditempel di 1.334 gerai resto & cafe yang sudah mendapat sertifikat halal dari LPPOM MUI pusat di seluruh wilayah di Indonesia dan akan menyusul di gerai gerai resto & café yang telah mendapat sertifikat halal dari LPPOM MUI daerah.

Selain itu, sebagai bagian dari program untuk memudahkan layanan proses sertifikasi halal, pada tasyakur milad ke-26 ini LPPOM MUI juga  meluncurkan dua buku  yakni HAS 23102 Pemenuhan Kriteria Sistem Jaminan Halal di Restoran dan HAS 23104 Pemenuhan Kriteria Sistem Jamian Halal di Katering.

Kedua buku tersebut melengkapi seri buku sebelumnya, yakni HAS 23000 Persyaratan Sertifikasi Halal, HAS 23101 Pemenuhan Kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) di Industri Pengolahan, HAS 23103 Pemenuhan Kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) di Rumah Potong Hewan, HAS 23201 Persyaratan Bahan Pangan Halal, 23301 dan Pedoman Penysunan Manual SJH di Industri Pengolahan.

Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si menegaskan, sebagai lembaga yang melayani umat, LPPOM MUI senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada konstituennya, termasuk memberikan jaminan atas ketersediaan produk halal.  Di sisi lain, posisi produsen baik yang sudah bersertifikat halal maupun yang baru mendaftar atau sedang dalam proses pun tidak boleh dilupakan.  Perusahaan tersebut harus diperlakukan sebagai klien yang mendapatkan pelayanan terbaik, dengan tetap memegang prinsip strict, logic, dan transparent.

Untuk itu, dalam kerangka pemuasan pelanggan LPPOM MUI mengedepankan credo faster, easier, dan better karena masalah pelayanan adalah berkaitan dengan waktu dan  harus dilakukan seefisien mungkin, sepanjang aplikan telah memenuhi syarat.  “Sertifikasi halal harus diproses dengan cara-cara yang jauh dari rumit dan kualitas layanan harus ditingkatkan dari waktu ke waktu,” tegas Lukmanul Hakim.

Sementara itu, untuk lebih memberikan informasi lebih mengenai kajian fiqih dan kajian science dalam produk halal, LPPOM MUI juga menerbitkan buku Kumpulan Fatwa MUI dalam Bidang Pangan, Obat-obatan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Buku ini berisi kumpulan fatwa MUI dari tahun 1975 hingga tahun 2014 mengenai produk halal dan diharapkan dapat menjadi  referensi dan kajian dalam perkembangan produk halal di Indonesia. Selain diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, buku ini Insyaallah akan diterbitkan juga dalam Bahasa Arab.

Selain itu, program lain yang juga akan diluncurkan LPPOM MUI pada acara Milad 26 tahun ini adalah Olimpiade Halal. Setelah sukses pada Olimpiade Halal 2014 yang diikuti oleh 2.964 siswa-siswi SMA/Sederajat di 28 Provinsi di Indonesia, kini LPPOM MUI kembali menggelar Olimpiade Halal 2015, yang dibuka pendaftarannya mulai 20 januari 2015, di www.halolppommui.org.

Sebelumnya di awal tahun 2015 LPPOM MUI telah mengganti wajah website terbarunya untuk bisa lebih memberikan informasi dan layanan pada konsumen dan produsen. Salah satu fitur barunya adalah fitur pencarian/search engine produk halal untuk lebih memudahkan konsumen dan produsen mencari dan menggunakan produk halal. Tidak hanya itu, melalui website baru ini LPPOM MUI berharap bisa lebih memberikan informasi yang akurat dan up to date   tentang halal. (****)

Pencapaian LPPOM MUI

  1. Jumlah Produk bersertifikat halal LPPOM MUI Pusat 2005 – 2014 :
  • By perusahaan berjumlah 6061 perusahaan
  • By sertifikat halal berjumlah 8954 sertifikat halal
  • By jumlah produk 192998 produk produk

 

  1. Jumlah Produk bersertifikat halal LPPOM MUI Provinsi 2011 – 2014 :
  • By perusahaan berjumlah 3123 perusahaan
  • By sertifikat halal berjumlah 3708 sertifikat halal
  • By jumlah produk 121508 produk produk

 

  1. Program Pendaftaran Sertifikasi Halal Online Cerol – SS23000 di LPPOM MUI Pusat dan LPPOM MUI Jawa Tengah, menyusul LPPOM MUI provinsi lainnya.
  2. Program Seri buku HAS 23000  
  3. Program Pameran Indonesia Internasional Halal Expo (INDHEX) sejak 2011 – sekarang
  4. Program Pelatihan Halal Online HALO LPPOM MUI melalui www.halolppommui.org
  5. Program Informasi melalui media cetak Jurnal Halal, Direktori Halal
  6. Program Informasi melalui HalalMUI Apps di Android dan Blackberry bekerjasama dengan Research in Motion
  7. Program SMS tanya Halal 98555 bekerjasama dengan Telkomsel

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Motivasi dan Konsultasi